Senin, 18 Juli 2016

KARYA ILMIAH INOVASI BAHAN PANGAN LOKAL KACANG PANJANG DALAM OLAHAN KERIPIK PENCOK

Soedirman Science Competition 2016
INOVASI BAHAN PANGAN LOKAL KACANG PANJANG DALAM  OLAHAN KERIPIK PENCOK
PANGAN
_
Oleh :
Anindiya Setiyanur
1148010038 /2014

Ajeng Sri Utami
1148010024 /2014



UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2016

HALAMAN PENGESAHAN
1. Judul : Inovasi Bahan Pangan Lokal Kacang Panjang Dalam  Olahan Keripik
    Pencok
2. Ketua Kelompok
Nama Lengkap : Anindiya Setiyanur
NIM : 1148010038
Jurusan : Administrasi Negara
Perguruan Tinggi : Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Alamat Rumah dan No Tel./HP : Btn Joglo Jl Mega Indah No.18 Cianjur dan
                                                     No. Hp 085722554753
Alamat Email : nursetiyaanindiya@gmail.com
3. Anggota Kelompok/Penulis
Nama Lengkap Anggota 1 : Ajeng Sri Utami
Nama Lengkap Anggota 2 : -
4. Dosen Pendamping
Nama Lengkap dan Gelar : Lida Imelda Cholidah., S.sos, M.Si
 NIP : 197809172007102002
No Tel./HP: 081282239501
Bandung, ………........ 2016
Mengetahui,

Dosen Pendamping Ketua Kelompok

Lida Imelda Cholidah., S.sos, M.Si                        Anindiya Setiyanur
 NIP. 197809172007102002 1148010038



Kata Pengantar
Alhamdulillah, hanya Allah yang pantas dipuji, Dia Maha Bijaksana mengatur urusan di dunia dengan kesempurnaan.  Dialah pemberi motivasi serta daya pikir bagi penulis, sehingga Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “Inovasi Bahan Pangan Lokal Kacang Panjang Dalam  Olahan Keripik  Pencok “ dapat terselesaikan.
Karya Tulis Ilmiah ini tidak akan tersusun dengan baik tanpa bantuan dari banyak pihak. Pada kesempatan ini penulis hendak menyampaikan ucapan terima kasih atas semua bantuan dan dukungan yang telah diberikan kepada :
Keluarga penulis yang senantiasa memberikan doa, motivasi dan dukungan untuk kelancaran penyusunan Karya Tulis Ilmiah.
Rekan-rekan yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu yang telah membantu kelancaran dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini.
Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam Laporan ini, oleh karena itu diharapkan adanya kritik dan saran yang membangun dari semua pihak, agar dapat Menjadikan Karya Tulis Ilmiah ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pihak lain yang memerlukan.













DAFTAR ISI

HALAMAN PENGESAHAN…………………………………………….....i
KATA PENGANTAR....................................................................................ii
DAFTAR ISI..................................................................................................iii
ABSTRAK...............................................................................................…...iv
BAB I       PENDAHULUAN…………………………………………..…...1
Latar Belakang……………………………………...…...….1
Perumusan Masalah...............................................................2
Tujuan dan Manfaat ..............................................................2
BAB II      KAJIAN PUSTAKA………………………………………...….4
Pengertian Kacang Panjang.................................................4
Manfaat Keripik Pencok.......................................................4
Peluang Industri Keripik Pencok Dalam
Perdagangan Bebas...............................................................6
BAB III     METODE PENELITIAN………………………………..…….8
BAB IV     PEMBAHASAN………………………………………..…….....9
Bahan -Bahan Pembuatan Keripik Pencok…....................9
Cara Pembuatan...............…………………..………...…..10
BAB V      PENUTUP………………………….………...……….……......12
Kesimpulan………………………………………….…….12
Saran………………………………………………….…...12
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………...……….13
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.....................................................................14
LAMPIRAN ................................................................................................16-17


ABSTRAK

Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki tekstur tanah yang cocok untuk ditanami berbagai jenis tanaman hasil pertanian,  salah satunya tumbuhan kacang panjang. Kacang panjang merupakan sayuran yang dijumpai dalam masakan sehari-hari. Baik itu masakan rumah atau masakan restoran, biasanya diolah menjadi pelengkap sayur asam atau di olah dengan cara ditumis atau di ulek  dan bisa juga dimakan mentah menjadi lalapan.
Kacang panjang sendiri memiliki banyak kandungan gizi dan nutrsi yang penting bagi tubuh diantaranya, kandungan protein sebesar 8,3 gram dalam tiap 100 gram kacang panjang, maka kacang panjang menjadi salah satu sumber protein yang baik dalam memenuhi kebutuhan protein. Memiliki vitamin B kompleks yang berfungsi dalam produksi energi dan fungsi saraf dalam tubuh. Kacang panjang mengandung serat tinggi dalam 100 gram kacang panjang terdapat serat mencapai 4 gram atau 15 % kebutuhan serat harian. Serat dalam kacang panjang berbentuk pektin yang merupakan serat larut sehingga baik untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam level normal dan untuk metabolisme lemak yang normal.
Walau kacang panjang memiliki kandungan gizi yang banyak tetapi tidak semua orang menyukai olahan kacang panjang. Pengembangan industri pengolahan hasil dan argo-industri serta komoditi strategis sebagai pemasok devisa melalui ekspor yang menjadikan  peneliti membuat suatu produk.  Salah satu karya tulis yang kami usulkan judul inovasi bahan pangan lokal kacang panjang dalam olahan keripik pencok. Inovasi yang kami buat untuk meningkatkan penjualan kacang panjang dengan menciptakan keripik pencok. Disini kacang panjang menjadi sasaran inovasi dengan cara kacang panjang terlebih dahulu dibuat pencok baru dikemas menjadi keripik. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan nilai jual , dengan dibuatnya keripik pencok diharapkan sebagai upaya peningkatan ketahanan pangan. Sebab pangan merupakan komoditas penting dan strategi bagi bangsa Indonesia mengingat pangan merupakan kebutuhan dasar, seperti dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 1996 tentang pangan. Dalam UU tersebut disebutkan menyelenggarakan pengaturan, pembinaan, pengendalian, dan pengawasan, sementara masyarakat menyelenggarakan proses produksi dan penyediaan, perdagangan, distribusi serta berperan sebagai konsumen yang berhak memperoleh pangan yang cukup dalam jumlah dan mutu, aman, bergizi, beragam, merata dan terjangkau oleh daya beli mereka. Upaya penyediaan pangan sendri dilakukan dengan sistem produksi pangan yang berbasis sumberdaya dan pangan lokal.
Metode yang dilakukan adalah metode penelitian experimental non laboratoies dimana masalah ini dikaji melalui praktek atau pengamatan langsung dan melalui studi pustaka dari literatur yang ada.
Ditarik kesimpulan bahwa kacang panjang mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan dikemasnya kacang panjang menjadi keripik pencok dapat menarik perhatian masyarakat dan dapat meningkatkan penjualan kacang panjang, selain itu dapat membawa pangan lokal tersebut dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean ) dengan adanya inovasi bahan pangan lokal kacang panjang diolah menjadi keripik pencok.
Kata Kunci: Kacang panjang, gizi, keripik pencok


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Industri keripik di tanah air terus bekembang mulai dari industri keripik rumahan hingga outlet modern yang berstatus waralaba dari luar negeri ketat bersaing untuk memperebutkan para pelanggan. Melihat pesatnya perkembangan keripik di Indonesia, perlu untuk memunculkan produk baru yang lebih inovatif agar semakin menarik, salah satunya ialah membuat produk keripik  dengan kombinasi bahan pangan lokal.
Ketahanan pangan lokal Indonesia kini semakin digalakkan pemerintah atau instansi lain dengan memberi nilai tambah dan mengangkat bahan pangan lokal agar kian dikenal masyarakat luas. Untuk itu perlu adanya inovasi yang diberikan dalam proses produksi bahan pangan yang sifatnya bisa ditambah unsur modern agar menarik khalayak luas. Hal ini dilakukan sebagai upaya diversifikasi pangan dengan memanfaatkan sumber daya pangan lokal. Salah satu sumber daya pangan lokal yang dapat dijadikan alternatif usaha diversifikasi pangan adalah kacang panjang. Kacang panjang atau sesquipedalis  adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika.
Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayur  kacang - kacangan.    Kacang  panjang memiliki     nilai     komersil     tinggi     dan  mempunyai  peran  yang  sangat  besar  dalam  memenuhi       kebutuhan       pangan       gizi  masyarakat.,  terutama  terhadap  kebutuhan  protein     nabati.     Peningkatan     produksi  kacang-kacangan  masih  harus ditingkatkan,  karena   komoditi   ini   banyak   dikonsumsi  oleh   seluruh   lapisan   masyarakat.
Biro      Pusat      Statistik      (2005),  menuliskan     daerah     penyebaran     yang  menjadi   pusat   pertanian   kacang   panjang  adalah Pulau Jawa dan hanya sebagian kecil di Sumatera,  termasuk  Sumatera  Selatan  yang    tersebar    di    beberapa    kabupaten.  Keberhasilan usahatani kacang panjang tidak terlepas dari  kegiatan    budidaya,    yang    dimulai    dari  pemilihan  bibit  unggul,  pengolahan  tanah,  pemeliharaan,  pemanenan  dan  penanganan  pasca  panen,  jalur  tataniaga  dan  pemasaran hasil.
Kacang panjang juga biasanya digunakan untuk sayur lodeh, sayur asem dan  semua jenis ‘penyetan’ pasti menyediakan lalapan tanaman yang bernama latin vigna sinensis ini. Indonesia masuk kedalam negara yang tergabung Asean Economic Comunity maka indonesia perlu bersaing dalam pasar bebas dengan mengandalkan industri pangan berbahan lokal. Makalah ini menawarkan inovasi bahan pangan lokal disulap menjadi chip  atau keripik, diantara bahan pangan lokal yang kami pakai adalah kacang panjang dan suraung atau kemangi. Kacang panjang dan kemangi ini akan diubah menjadi keripik yang sehat dan bercitra indonesia karena menggunakan rempah-rempah. Oleh karena itu penulis berinovasi dalam karya tulis yang berjudul “Inovasi Bahan Pangan Lokal Kacang Panjang Dalam  Olahan Keripik Pencok”. Peneliti berharap dengan adanya inovasi tersebut bahan pangan lokal dapat bersaing di pasar Internasionaln dan untuk meningkatkan penjualan kacang panjang dengan menciptakan keripik pencok
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana inovasi bahan pangan lokal kacang panjangg menjadi keripik pencok?”

Tujuan dan Manfaat

Penelitian ini memiliki tujuan  sebagai berikut:
Tujuan Umum
Mengetahui tingkat pengembangan dan daya terima keripik pencok  berbahan dasar kacang panjang yang disubstitusi olahan masakan pencok.
Tujuan Khusus
Mendeskripsikan tingkat pengembangan keripik pencok  dari kacang panjang  dengan substitusi variasi olahan masakan pencok
Mendeskripsikan daya terima keripik pencok dari kacang panjang
Menganalisis tingkat pengembangan terhadap keripik pencok
 Menganalisis daya terima terhadap keripik pencok  dari kacang panjang

Penelitian ini memiliki manfaat sebagai berikut:
Bagi petani inovasi ini memiliki manfaat ekonomi yang cukup menguntungkan
Bagi pengonsumsi konsumsi  inovasi ini berfungsi untuk kesehatan tubuh
Bagi pelaku usaha, inovasi keripik pencok  sangat menguntungkan dengan bahan dan harga yang terjangkau
Bagi peneliti, penelitian ini dapat dijadikan kajian awal untuk melakukan penelitian.













BAB II
KAJIAN PUSTAKA

Pengertian Kacang Panjang
Tanaman kacang panjang atau vigna sinensis digolongkan kedalam famili leguminosa. Famili leguminosa bisa dimanfaatkan petani sebagai tanaman sela untuk memulihkan kandungan nitrogen. Tanaman kacang panjang biasanya semak, menjalar semusim dengan tinggi kurang lebih 2,5 m. Batang tanaman initegak, silindris, lunak, berwarna hijau dengan permukaan licin. Daunnya majemuk, lonjong, berseling, panjang 6-8cm , lebar 3-4,5 cm, tepi rata,, pangkal membulat, ujung lancip, pertulangan menyirip, tangkai silindris, panajang kurang lebih 4 cm dan berwarna hijau. Kacang panjang adalah sayuran yang kaya serat dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, terdapat kandungan serat mencapai 4 gram atau memenuhi 15 % kebutuhan serat harian kita. Serat dalam kacang panjang dalam bentuk pektin. Yang merupakan serat larut, sehingga sangat baik untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam level normal, juga  untuk metabolisme lemak yang normal.  

Manfaat Keripik Pencok
Pencok merupakan masakan khas sunda yang terdiri dari tumbuhan-tumbuhan, pencok juga memiliki nilai organoleptik yaitu lebih bercitra rasa dan beraroma untuk itu pencok makanan yang menarik untuk dicicipi. Inilah salah satu contoh di manajemen teknologi makanan yang berbasis kerja, simbiosa, mutualistik antara pakar teknologi dan pakar seni dan desain sehingga menghasilkan suatu produk bermutu. Selain itu pencok makanan yang sudah hampir langka, sehingga terdengar aneh atau asing apalagi bagi generasi muda untuk itu perlu dimodifikasi menjadi makanan snack yang berbentuk keripik akan  tetapi modifikasi tersebut  tidak menghilangkan unsur lokal. Adanya inovasi dalam masakan pencok yang di olah menjadi keripik karena didasarkan pada manfaat yang terdapat pada pencok sendiri karena dalam pencok terdapat beberapa sayuran diantaranya kacang panjang dan daun kemangi yang memiliki khasiat bagi kesehatan.
Manfaat masakan pencok terdiri dari: sehatan tubuh berikut ini:
Menjaga dan meningkatkan stamina tubuh
Vitamin B yang ada ini berperan penting sebagai sumber energi bagi tubuh. Terlebih setelah melakukan berbagai aktifitas dan sumber energi berkurang, mengkonsumsi menu ini bisa mengembalikan stamina lagi. Vitamin B tersebut mampu meningkatkan serta menjaga stamina di dalam tubuh sehingga menjadikan kondisi yang fit.
Sebagai sumber protein
Protein ialah salah satu senyawa yang penting bagi tubuh. Anda bisa mendapatkan asupan protein yang cukup hanya dengan mengonsumsinya sebagai satu atau lauk pauk yang enak.
Menjaga kesehatan tulang
Seiring bertambahnya usia akan ada perubahan kondisi dari tulang menjadi rapuh. Pada keadaan tulang yang terus berkurang ini menjadikan gerak tubuh tidak lagi maksimal seperti sebelumnya. Namun, hanya dengan kacang panjang ini akan memberikan asupan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang tersebut. Karena kandungan magnesium dan kalsium pada kacang ini mampu mencukupi segala kebutuhan bagi tulang. Dengan begitu, tulang senantiasa sehat dan fit.
Mencegah resiko diabetes
Kandungan serat dalam jumlah yang tinggi pada kacang panjang ini sangat bagus untuk pencegahan dari kadar gula dalam darah yang terus meningkat. Dimana serat itu mampu mencegah adanya peningkatan kadar gula agar senantiasa dalam keadaan normal atau seimbang.
Membantu proses pembentukan sel darah merah
Kandungan zinc yang ada pada kacang ini sangat baik dan dapat membantu proses pembentukan sel darah merah. Dimana proses tersebut bisa lebih lancar dan juga lebih terjaga dengan baik. Bahwasannya, pada sel darah merah ini memiliki peran baik bagi tubuh, agar fungsi tersebut senantiasa terjaga, diperlukan kandungan yang disebut dengan zinc. Unsur ini bisa dipenuhi dari kacang panjang.
Membantu proses pembentukan enzim
Zat besi yang dimiliki oleh kacang panjang ini memberikan peran sebagai pembantu dalam pembentukan enzim dengan reaksi kimia. Dimana enzim-enzim ini akan membutuhkan unsur lain agar fungsinya bisa lebih maksimal dalam menjaga tubuh untuk tetap memiliki sistem yang seimbang.
Sebagai Antiradang
Manfaat yang berikutnya adalah sebagai obat anti peradangan hal tersebut dikarenakan daun kemangi mengandung zat cineole myrcene dan eugenol yang berperan sebagai antibiotik alami dalam tubuh. Antibiotik tersebut berperan penting dalam mencegah terjadinya peradangan pada tubuh. Karena itulah mengkonsumsi daun kemangi dapat membuat anda terhindar dari peradangan.
Menjaga Kesehatan Jantung
Kegunaan dari tanaman ini yang keenam adalah sebagai obat jantung. Hal tersebut dikarenakan daun kemangi mengandung betakaroten dan magnesium yang sangat tinggi. Tak heran jika dengan mengkonsumsi daun kemangi, jantung anda akan tetap terjaga kesehatannya. anda dapat mengkonsumsi daun kemangi dalam bentuk daun asli atau sebagai minuman hangat.

Peluang Industri Keripik Pencok Dalam Perdagangan Bebas
Seperti diketahui bersama bahwa saat ini Indonesia sudah masuk dalam masa perdagangan bebas Asia Tenggara atau yang akrab disapa dengan istilah MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Di tahun 2016 ini, mungkin efek dari MEA masih belum benar-benar terasa secara gamblang. Namun perlahan, pengaruh dari peraturan ekonomi global tersebut sudah nampak dalam hal persaingan usaha yang semakin ketat.
Untuk menghadapi itu semua, hampir setiap daerah di Indonesia telah mempunyai strategi khusus yang dipersiapkan untuk menggenjot potensi bisnis daerahnya masing-masing. Salah saunya dengan inovasi keripik bercitra rasa indonesia yaitu keripik pencok. Seperti yang kita ketahui Indonesia memiliki berbagai macam masakan daerah terutama ditatar sunda yang memiliki makanan yang beragam. Untuk meningkatkan nilai jual masakan pencok perlu adanya kerja sama antara masyarakat dan pemerintah. Peluang usaha ini didasarkan pada masakan pencok  salah satu contoh di manajemen teknologi makanan yang berbasis kerja, simbiosa, mutualistik antara pakar teknologi dan pakar seni dan desain sehingga menghasilkan suatu produk bermutu.



















BAB III
METODE PENELITIAN

Metode Pengumpulan Data
Dalam penelitian karya ilmiah ini, penyusun mengumpulkan dan mengolah data yang merupakan kegiatan yang sangat penting. Dalam pengumpulan data penyusun menggunakan beberapa metode sebagai berikut :
Metode Library Research
Library research yaitu kegiatan mengumpulkan data dengan cara menelaah buku – buku di perpustakaan, seperti buku teks, surat kabar, majalah dan bahan dokumentasi lainnya.
Metode Observasi
       Observasi adalah pengamatan secara cermat tentang suatu objek atau permasalahan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan  observasi partisipasi, yaitu observasi yang melibatkan peneliti/penulis secara langsung dalam kegiatan pembuatan keripik pencok .
Metode Penulisan Data
Metode kualitatif yang digunakan dalam metode ini, dengan menggunakan data deskriptif berupa kata – kata yang bersifat rasional. Yang merupakan metode yang sesuai untuk mengumpulkan, mengolah dan menyajikan dalam bentuk yang sesuai.


BAB IV
PEMBAHASAN

Penelitian ini menggunakan metode inovasi berbahan dasar tanaman kacang panjang  yang akan di olah menjadi keripik yang bercitra rasa makanan sunda yaitu pencok. Selain itu untuk membuat keripik pencok  yang sehat kami memakai bahan alami dan segar seperti kacang panjang, daun kemangi dan rempah-rempah. Inovasi ini di landasi maraknya pembuatan keripik yang menggunakan rasa oriental dibanding rasa masakan khas indonesia.
Bahan –bahan pembuatan keripik pencok :
Alat  pembuatan
-          Jubleg
-          ulekan
-          pisau
-       talenan
-      baskom
- piring
- panci
- ayakan
- penggorengan
- Plastik bening
-          Kompor
   

Bahan
-          Kacang Panjang
-          Tepung Tapioka
-          Daun Kemangi
-          Gula Merah
-          Garam
-          Bawang putih
-       Kencur
-      Cabe Rawit
-      Royko
-      Asam tanpa biji
Cara Pembuatan
Cara Pembuatan Pencok
Semua bumbu dihaluskan kemudian tambahkan kacang panjang yang sudah diiris dan selanjutnya ditumbuk hingga merata.
masukan tepung tapioka sebanyak ¼ kg ke dalam baskom
tambahkan kacang panjang yang sudah dihaluskan ke dalam baskom dan kemudian aduk hingga menjadi adonan.
Tambahkan royko secukupnya
Aduk hingga rata

Cara membuat keripik
Masukan adonan ke dalam plastik kemudian bentuk adonan hingga menjadi lonjong dan merata
Masukan adonan tersebut ke dalam panci dan kukus selama 60 menit
Diamkan selama 5 menit kemudian iris adonan tersebut  sesuai keinginan
Jemur adonan yang sudah diiris  sampai kering
Kemudian goreng adonan sampai menguning
Angkat lalu tiriskan
Kemudian siap dikemas



















BAB V
PENUTUP
 Kesimpulan
 Pencok merupakan masakan khas sunda yang terdiri dari tumbuhan-tumbuhan, pencok juga memiliki nilai organoleptik yaitu lebih bercitra rasa dan beraroma untuk itu pencok makanan yang menarik untuk dicicipi. Inilah salah satu contoh di manajemen teknologi makanan yang berbasis kerja, simbiosa, mutualistik antara pakar teknologi dan pakar seni dan desain sehingga menghasilkan suatu produk bermutu.  Biasanya masyarakat yang berada di daerah Sunda menjadikan pencok sebagai makanan pendamping mereka dan biasanya di makan bersama-sama dengan nasi. Pencok memang menjadi makanan khas sehingga tidak mengherankan di setiap daerah sunda khususnya bahwa pencok sudah  menjadi bagian dari lauk pauk mereka. Kini Pencok yang kami modifikasi menjadi keripik  memang membawa perubahan karena pencok tersebut belum pernah dimodofikasi menjadi keripik sebelumnya. Selain cocok untuk dijadikan sebagai snack atau cemilan juga baik untuk kesehatan kita dan kaya akan manfaat.  Oleh karena itu, usaha keripik pencok memiliki nilai jual yang dapat bersaing dalam MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) karena citra rasa dari pencok tersebut memiliki rasa yang khas sehingga kami perlu untuk memperkenalkan kepada masyarakat global.
Saran
Kami menyarankan kepada pemerintah untuk mendukung usaha kreatif khususnya makanan yang khas dapat membantu perekonomian masyarakat Indonesia dan dapat mengembangkan produk makanan tradisional menjadi produk unggulan yang berbasis Internasional.
Kepada masyarakat agar dapat membangun usaha kreatif di setiap daerah disertai dengan peningkatan produk yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan perekonomian Indonesia.
 
DAFTAR PUSTAKA

Karmana ,Oman. 2008. Cerdas Belajar Biologi. Jakarta : Grafindo.
Manfaatnyasehat.blogspot.com
Simatupang P. 1999. Industrialisasi Pertanian Sebagai Strategi Agribisnis dan Pembangunan Pertanian  Dalam  Era Globalisasi. Dalam: Dinamika Inovasi  Ekonomi dan Kelembagaan Pertanian. Buku-2. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor
Irawan B. et al. 2001. Studi Kebijaksanaan Pengembangan Agribisnis Komoditas Unggulan Hortikultura


BIODATA KETUA KELOMPOK
Nama Lengkap : Anindiya Setiyanur
NIM : 1148010038
Program Studi/Jurusan : Administrasi Negara
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Tempat dan Tanggal Lahir : Cianjur, 23 November 1996
Alamat : Btn Joglo Jl Mega Indah No.18 Cianjur
 E-mail : nursetiyaanindiya@gmail.com
No.Telp/Hp : 085722554753
Karya Tulis Ilmiah : (yang pernah dibuat)
Penghargaan di Bidang Ilmiah :

BIODATA ANGGOTA 1
Nama Lengkap : Ajeng Sri Utami
NIM : 1148010024
Program Studi/Jurusan : Administrasi Negara
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Tempat dan Tanggal Lahir : Sukabumi, 07 Mei 1996
Alamat : Kp. Pasir Benda Rt 021/07 Desa Tegalega, Kec. Lengkong, Kab.
               Sukabumi. Jawabarat 43174
E-mail : ajengsri_u@yahoo.co.id
No.Telp/Hp : 085721226146
Karya Tulis Ilmiah : (yang pernah dibuat)
Penghargaan di Bidang Ilmiah :


BIODATA DOSEN PEMBIMBING

Nama Lengkap dan Gelar : Lida Imelda Cholidah., S.sos, M.Si
NIP : 197809172007102002
Tempat dan Tanggal Lahir : Cianjur, 17 September 1978
 E-mail :limeldaz@gmail.com
 No.Telp/Hp : 081282239501
Penghargaan yang pernah diterima : -


LAMPIRAN


_                      _
                 Kacang Panjang Daun Kemangi
_
_                                              
   Bahan Adonan                                                                              Garam
_


           


Cabe Rawit



_
Cara Membuat Pencok

_            _
Cara menumbuk bahan pencok                      Adonan yang telah di kukus
_

Proses Penjemuran



1 komentar:

  1. Informasi bagus di sini, saya ingin berbagi dengan Anda semua pengalaman saya mencoba mendapatkan pinjaman untuk memperluas Bisnis Pakaian saya di Malaysia. Sangat sulit pada bisnis saya turun karena penyakit kecil saya waktu singkat maka ketika saya sembuh saya membutuhkan dana untuk mengaturnya lagi bagi saya untuk memulai jadi saya bertemu Mr Benjamin seorang petugas konsultan pinjaman di Le_Meridian Funding Service. Dia bertanya saya tentang proyek bisnis saya dan saya katakan kepadanya saya sudah memiliki One dan saya hanya perlu pinjaman 200.000,00 USD dia memberi saya formulir untuk diisi dan saya juga dia bertanya kepada saya tentang ID Valid saya dalam beberapa hari. Mereka melakukan transfer dan pinjaman saya diberikan . Saya benar-benar ingin menghargai upaya di sana juga mencoba untuk memberikan ini kepada siapa pun yang mencari pinjaman bisnis atau masalah keuangan lainnya untuk Menghubungi Layanan Pendanaan Le_Meridian Di Email: lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. Ia juga tersedia di WhatsApp Contact: +1 -9893943740.

    BalasHapus